Tuesday, August 14, 2012

Mengatasi Depresi dengan Berolah Raga


Suatu penelitian pada pasien depresi , ditemukan pengurangan yang signifikan pada  mereka yang berpartisipasi dalam program latihan aerobik. Pada penelitian lain,  pasien depresi ditugaskan untuk 8 minggu berjalan, jogging, atau terapi rekreasi, dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak melakukan semua ini. Dan ternyata, tingkat depresi menurun hanya pada kelompok yang berolahraga saja. Dari penelitian ini, para ahli tertarik untuk meneliti lebih lanjut cara mengatasi depresi dengan berolah raga.

Olah raga memacu pelepasan "merasa baik" hormon di otak - seperti neurotransmiter dan endorfin - yang meningkatkan suasana hati, membantu untuk memerangi perasaan sedih yang umum dialami oleh orang-orang depresi. Olahraga juga mempengaruhi neurotrophins otak, yang membantu melindungi sel saraf dari cedera dan mengirimkan sinyal dalam otak yang berhubungan dengan suasana hati. Manfaat mental lain dari olahraga adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan kapasitas untuk mulai memikirkan tujuan yang lebih positif dan  penuh harapan tentang kehidupan.


Olahraga
juga dapat membantu menghilangkan stres dan ketegangan dalam tubuh, meningkatkan kualitas tidur yang sehat, meningkatkan tingkat energi dan kekuatan otot. Peregangan dapat melonggarkan otot-otot dan mengurangi nyeri.

Berikut berapa saran untuk mulai berolah raga :

·         Tarik napas panjang.
Bernapas adalah sesuatu yang cenderung dilakukan tanpa berpikir. Jika Anda menjadi sadar akan pernapasan Anda, Anda akan terbantu untuk mengatasi kesedihan dan kelesuan. Duduk tegak di kursi atau di lantai, dan bernapas dalam-dalam melalui hidung. Ikuti sensasi nafas ke paru-paru dan perut, dan perlahan-lahan menghembuskan napas. Jika pikiran Anda mengembara, biarkan saja, perlahan kembalikan lagi untuk berkonsentrasi pada nafas yang keluar dan masuk. Ulangi latihan ini sampai Anda merasakan energi dari setiap napas dan perasaan damai.

·         Berjalan-jalan.
Setiap latihan fisik meningkatkan kadar endorfin bahagia dalam tubuh Anda dan dapat penyelamat dari keadaan depresi.

·         Berolahraga dengan teman.
Upaya untuk mengatasi depresi dengan olahraga sering berhenti karena kelelahan dan sedih yang menghentikan motivasi. Merekrut teman untuk bekerja dengan Anda sehingga Anda akan lebih cenderung untuk meneruskan latihan.
·         Bergabung dengan pusat kebugaran dengan kelas yang sesuai dengan ketertarikan Anda. Mencoba sesuatu yang baru seperti yoga, Pilates atau aerobik ditawarkan di gym.
·         Libatkan Binatang Kesayangan
Ajak  anjing kesayangan untuk membantu Anda mengatasi depresi dengan olahraga. Anjing Anda senang berjalan, dan mungkin butuh latihan sebanyak yang Anda lakukan. Pikirkan berjalan sebagai sesuatu yang dapat Anda lakukan berdua, dan Anda akan lebih termotivasi untuk keluar dari rumah dan keluar dari suasana hati sedih Anda. 

Cara mengatasi depresi dengan berolahraga menjadi efektif dibandingkan mengatasi depresi hanya dengan obat-obatan, karena dengan berolahraga, pasien merasakan bahwa ia sembuh karena usahanya sendiri. Dan hal ini menimbulkan perasaan mampu, yang baik untuk proses penyembuhan

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India