Tuesday, August 14, 2012

Mengatasi Depresi dengan Terapi Kognitif (Cognitive Therapy )



Cognitive Therapy adalah psikoterapi yang berusaha untuk membuat Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri dan tentang hidup Anda. Sejak Dr Albert Ellis dan Dr Aaron T. Beck pertama kali mulai menulis tentang terapi kognitif pada tahun 1960, orang di seluruh dunia telah menggunakan teknik-teknik ini untuk mengatasi depresi dan untuk mampu meningkatkan taraf kehidupan mereka.

Intinya, terapi kognitif mengatakan bahwa cara seseorang berpikir, terutama apa seseorang
pilih untuk berpikir, mempengaruhi bagaimana dia merasa. Hanya dengan mengubah cara Anda berpikir Anda bisa mengubah cara Anda merasa. Beck menunjukkan pada pasien bahwa penderitaan adalah hasil dari cara mereka berpikir tentang diri mereka dan kehidupan mereka, bukan kepahitan hidup, yang menyebabkan mereka merasa tertekan.

Terapis kognitif menunjukkan orang yang sedang merasa depresi mengenai cara untuk memeriksa pikiran negatif. Dan  menggantinya dengan keyakinan berdasarkan kebenaran bukan pada pemikiran menyimpang.
Misalnya, pikiran seperti "saya pecundang karena saya tidak bisa melakukan ini," bisa menjadi "saya bisa coba, beberapa hal saya gagal tapi semua orang
memang gagal kadang-kadang. Selain itu, jika saya mencoba, saya yakin bisa  belajar sesuatu dan jika saya terus mencoba, aku akan terus belajar Dan saya berhasil belajar suatu hari nanti. ... " dan lain-lain dll ..

Ketika orang
berada dalam kesulitan mereka sering tidak berpikir jernih dan mulai tidak realistis. Terapi kognitif membantu orang untuk mengidentifikasi pikiran yang membuat mereka sedih dan untuk mengevaluasi seberapa realistis pikiran-pikiran itu.. Kemudian mereka belajar untuk mengubah pemikiran menyimpang mereka.

"Ketika mereka berpikir lebih realistis, mereka merasa lebih baik."
Apa maksudnya ? Banyak kondisi depresi dihasilkan dari cara berfikir yang tidak realistis tentang kenyataan. Seperti apa saja bentuknya ?


Overgeneralizing-Anda melihat peristiwa negatif tunggal sebagai pola yang
akan terus terjadi. Cirinya adalah penggunaan kata-kata selalu atau tidak pernah. Misalnya, Anda meminta seorang gadis untuk kencan. Dia dengan sopan menolak, dengan alasan keterlibatan lain. Anda mulai berpikir: "Tidak ada gadis yang mau kencan dengan saya. Aku akan kesepian dan sengsara sepanjang hidup saya. "

Filtering-Anda
hanya memikirkan yang negatif dalam situasi yang sebenarnya memiliki hal positif dan negatif. Seorang mahasiswa depresi selesai menengah ujian nya, hanya karena ia salah  pada  17 soal dari 100 pertanyaan. Dia menyimpulkan dia akan gagal lulus kuliah. Ia memfilter fikirannya, yang diingat hanya ia salah pada 17 soal, bukan sudah benar pada 83 pertanyaan lainnya.

Mendiskontokan
hal yang positif-Jika seseorang memuji Anda, Anda mengatakan kepada diri sendiri, "Mereka hanya bersikap baik." Atau "Siapa pun bisa melakukannya." Atau "Itu tidak cukup baik." Tidak bisa menerima hal-hal baik yang ada pad diri anda.

Pelabelan-Anda menyematkan label negatif pada diri sendiri atau orang lain, Anda percaya tidak ada yang bisa berubah. Jika
seseorang melakukan kesalahan, Anda mengatakan, "Dia brengsek." Daripada "Dia melakukan kesalahan."

Melompat
pada  kesimpulan-ada dua bentuk. Yang pertama, dengan bersikap seolah-olah bisa membaca pikiran orang lain, dan menyimpulkan sesuatu berdasarkan bukti yang sangat sedikit. Seorang teman melewati Anda di jalan dan tidak menyapa karena ia begitu tenggelam dalam pikirannya dia tidak melihat Anda. Anda keliru menyimpulkan dengan berfikir, "Ia tidak suka padaku lagi."

Yang kedua, - Anda membayangkan sesuatu yang buruk akan terjadi meskipun itu tidak realistis. Misalnya Anda berkata,”Saya tidak akan pernah membaik. Saya akan merusak semuanya.”

Membesar-besarkan.  Anda ketakutan melihat kesalahan atau ketidaksempurnaan dan membesar-besarkan dampaknya.Misalnya, Anda membuat kesalahan, dan langsung secara otomatis berpikir Anda akan dipecat.Penalaran Emosional-Anda mengasumsikan perasaan emosional Anda sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. "Saya merasa bodoh, karena itu aku bodoh." Atau "Saya merasa bersalah, jadi saya orang jahat."

Harusnya atau Tidak Seharusnya . Memiliki keyakinan tidak realistis bahwa sesuatu harus berjalan seperti itu atau tidak seperti itu. Seperti seorang pianis yang sangat berbakat yang depresi karena beranggapan bahwa seharusnya ia tidak membuat  kesalahan sama sekali.

Personalisasi -Anda menyalahkan diri sendiri untuk hal-hal di luar kendali Anda. Anak anda bertingkah di sekolah, dan Anda berpikir, "Aku seorang ibu yang buruk."

Penjabaran di atas adalah mengenai cara mengatasi depresi secara sikap mental. Adakah cara lainnya ? Silahkan simak artikel berikutnya

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India