Tuesday, August 14, 2012

Gejala depresi


Depresi
telah menjadi masalah serius di dunia saat ini. Gejala-gejala depresi dan kecemasan akan berbeda-beda  dari satu orang ke orang lain. Ada berbagai macam gejala dan masalah yang dapat mengindikasikan adanya depresi. Hal yang penting untuk diketahui adalah  penderita  mungkin tidak memiliki semua gejala. Tapi gejala yang dimiliki, semakin kuat, dan semakin lama sudah berlangsung, maka akan semakin besar kemungkinan bahwa Anda sedang berhadapan dengan depresi.

Seringkali,  orang yang menderita depresi juga merasakan kecemasan. Berikut adalah beberapa gejala mendasar dari depresi :
1.    Merasa putus asa - ini dapat menyebabkan pandangan yang sangat suram, atau merasa seperti situasi tidak akan pernah menjadi lebih baik.

2.    Kehilangan minat - kegiatan yang pernah Anda rasa menyenangkan,  tidak lagi membuat Anda tertarik. Tidak tertarik pada hobi, hiburan, kegiatan sosial, atau seks. Anda telah kehilangan kemampuan untuk merasakan kegembiraan dan kesenangan. Anda tidak memiliki keinginan atau energi untuk melakukan apapun yang Anda pernah dicintai.

3.    Perubahan berat tubuh - bisa dalam bentuk penurunan berat badan yang parah atau penambahan berat badan. Anda kehilangan nafsu makan atau Anda tidak bisa berhenti makan. Kehilangan berat badan dianggap signifikan jika terjadi kenaikan atau penurunan berat sebesar lebih dari 5% dari berat badan sebelumnya, dalam sebulan.

4.    Masalah tidur - jika Anda tidur terlalu banyak atau tidak mendapatkan cukup tidur, ini adalah indikator lain dari depresi.

5.    Lekas ​​marah - jika Anda menemukan diri Anda lebih kesal dari biasanya, ini bisa menjadi petunjuk untuk depresi.

6.    Kurangnya konsentrasi - tidak bisa fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan ketelitian atau tidak dapat menyelesaikan pekerjaan, atau menemukan tugas yang sebelumnya mudah sekarang terasa sulit

7.    Memikirkan kematian - Anda memiliki pemikiran bahwa hidup ini bukanlah  kehidupan yang berharga lagi. Jika Anda mulai memikirkan untuk mengakhiri hidup, ini adalah tanda peringatan besar dan Anda pasti harus pergi ke  dokter.
Jangan mencoba mengelola depresi sendiri.
Hal ini hanya akan membuat segalanya menjadi lebih parah. Berbicara dengan keluarga dan teman-teman tentang apa yang terjadi kepada Anda. Mengisolasi diri hanya membuat penanganan depresi akan menjadi lebih sulit lagi.

8.    Membenci diri sendiri. Merasa  tidak berharga atau bersalah. Anda dengan kasar mengkritik diri sendiri hanya karena kesalahan persepsi.
 
9.    Menunjukan perilaku lari dr kenyataan seperti penyalahgunaan zat, perjudian kompulsif, mengemudi dengan sembrono, atau melakukan olahraga berbahaya.

10. Merasakan sakit dan nyeri yang sulit dijelaskan. Peningkatan keluhan fisik seperti sakit kepala, sakit punggung, otot pegal, dan nyeri perut.

Jika Anda atau orang terdekat Anda merasakan gejala depresi di atas, ada baiknya untuk segera mendatangi profesional berlisensi yang ahli menangani depresi


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India